Paksa Klik Iklan Pada Blogger UNTUK MENUTUP IKLAN

PANDUAN LENGKAP BERTERNAK KELINCI

11/08/10



PANDUAN BERTERNAK KELINCI

       JENIS JENIS KELINCI
      Secara umum kelinci dapat dikelompokkan berdasar atas tujuan pemeliharaannya, seperti jenis Anggora adalah pengashil bulu, satin dan rex adalah penghasil kulit dan bulu, flemish giant, new zealend, lop, english spot, australia pengahsil daging dan kulit, dan lop dwarft, dutch, ataupun nederland dwart sebagai hewan peliharaan, namun dalam kenyataanya semua jenis kelinci dapat dijadikan sebagai hewan peliaharaan baik untuk anak-anak sampai orang dewasa.

  1. ReX

              Adalah jenis kelinci yang berbulu halus seprti beludru, oleh karena keindahan bulunya maka jenis kelinci ini banyak dibudidayakan terutama sebagai pengashil daging dan bulu terlebih sebagai hewan peliharaan. Jenisnya antara lain; white rex, belack rex, pappilon dan blue rex. Bobot kelinci ini 2-5 kg dan Induk biasanya beranak antara 6-8 ekor , ada juga yang mencapai 10 atau 12 ekor.

  1. Lop
   Jenis Lop antara lain; english lop, holland lop, dwarf lop, american fuzzy lop, anggora lop dan frech lop. Ciri dari jenis lop umumnya dalah bentuk telinga yang mengagntung dari pangkal kepala hingga ke samping pipi.



c. Anggora
             
             Salah satu ciri yang mudah untuk mengetahui jenis kelinci anggora yaitu bulu yang tebal dan halus. Warna bulunya bervariasi putih, coklat, hitam, hitam putih, dan kombinasi.




           d. Ducth
                Dari namany saja dapat diktahui bahwa jenis kelinci ini pada mulanya bersal dari belanda. Kelinci ini termasuk kelinci mini karena bentuknya yang mungil, kombinasi warna antara lain; cokelat, abu-abu, dahi putih, dan harlequin. Pola makannya tidak rewel, relatif asik dipelihara. Cara berlarinya unik, kepalanya naik turun seiring lompatan kaki. Karakter jinaknya terkandang hilang bila stress atau kurang minum.

  Dutch betina tidak mau dikawinkan dengan sembarang pejantan, terutama pejantan yang notabene nya kakak atau adiknya . Dutch betina lebih suka dikawinkan dengan pejantan yang lebih tua umurnya, terutama pejantan dari lain jenis.

e. Nederland Dwarf





 Ciri-ciri kelinci ND , antara lain :
  • Bobotnya hanya berkisar antara 0,8 - 1,2 kg. Salah satu jenis kelinci kecil
  • Produktifitas mapu melahirkan antara 3 - 5 ekor.
  • Masa hidupnya antara 5 - 7 tahun dan besa lama lagi
  • Penampilannya unik dengan bulu yang pendek dan mengkilap, warna bulu banyak pilihan

·         f. New Zealand

            Ciri yang mencolok dari jenis kelinci adalah warnanya yang putih bersih dan seringkali matanya berwarna merah. Termasuk kelinci berbadan besar karena mudah gemuk sehingga sering diternakkan untuk dikonsumsi dagingnya. Beratnya rata-rata 4,5 - 5 kg, jadi cukup menyita pakan. New Zealand bisa beranak pinak bayak antara 8- 12 ekor anak setiap melahirkan. Umurnya bisa mencapai 10 tahun dengan perawatan yang baik. 

g. Flemish Giant

                Termasuk jenis “raksasa” karena tubuhnya yang besar, berat minimal rata-rata 5 kg sedang berat maksimalnya dapat mencapai 11kg. Jenis kelinci ini pada umumnya diambil daging dan kurang bagus untuk dijadikan sebagai kelinci peliharaan atau sebagai kelinci hias. Usia kelinci ini tergolong telat, mulai bisa kawin usia 8 Bulan bahkan 10 bulan. Produktivtas beranak anatara 6-8 ekor , terkadang juga samapi 10 ekor. Rata-rata bisa mencapai 5 tahun. Warna bulu flamis giant adalah coklat, abu-abu,dan putih. Kelinci ini terkenal dengan jinak dan tenang.

h. Hotot
                Yang menjadi tanda khusus dari jenis kelinci adalah adanya bulatan hitam di sekeliling matanya sehingga tampak seperti ninja. Kelinci jenis ini terbilang berbadan kecil, umumnya berwarna putih






I.Satin
              Secara penampilan mirip dengan jenis rex, namun bulunya agak sedikit tebal dan lebat, Warnanya bervariasi; coklat, merah, krem, perak, dan ada juga yang kombinasi dengan totol-totol putih. Rata-rata induk melahirkan stabil antara 7 - 10 ekor. Tidak baik mengawinkan rek dengan satin , pengalaman membuktkan keturunannya akan rentan fisik


                                                    j. Himalayan
               Termasuk juga kelinci berbadan kecil seperti hotot, ciri yang membedakan adalah adanya warna yang khas pada bagian telinga, wajah, dan kaki. Variasi warna ada yang hitam, coklat, an kebiruan



                  k. English Spot
              Yaitu jenis kelinci berbadan besar hampir mirip dengan jenis rex namun berbulu lebih halus, umumnya berwarna putih dengan totol hitam, coklat, dan juga abu-abu. Berat badan dewasa jenis kelinci ini antara 2,5 - 3, 9 kg dengan umur rata-rata 5 - 8 tahun. Produktifitas kelinci ini antara 5,5 bulan sampai 3 tahun. Induk melahirkan antara 3- 5 , kadang-kadang 6-8 ekor.

K. Harlequin
                 Termasuk jenis kelinci yang mempesona dengan kombinasi warna yang unik bergaris dan belang-belang. Sedangkan bentuk tubuh adalah seperti jenis kelinci rex, yaitu bertubuh sedang. Berat badan kelinci ini rata-rata 2,7 – 3,6 kg. Masa hidupnya bisa mencapai 5 – 7 tahun . Produktivitasnya mampu menghasilkan 6 ekor anak, terkadang sampai 10 ekor




m. Tan
                Jenis kelinci ini termasuk jinak dan cocok untuk peliharaan, termasuk kelinci berbadan kecil, ciri jenis kelinci ini adalah berbulu mengkilap, umumnya berwarna hitam abu-abu, dan cokelat kemerah-merahan. Tan berat badannya antara 1,8 – 2,7 kg. Produktifitasnya antara 6 – 8 ekor.selain dagingnya kelinci ini juga dapat diambil bulunya.



n. Polish
                 Termasuk ke dalam kelinci yang berbadan kecil mungil, bulu-bulunya halus dan berwarna aneka rupa, yang menjadi ciri adalah bertelinga pendek bulat cenderung meruncing. Produktifitasnya melahirkan 4 ekor anak. Umur nya bisa bertahan antara 5 – 7 tahun dan bisa lebih panjang.



o.California
             Kelinci jenis ini dikembangkan diAmerika Serikat sejak tahun 1923. Californian adalah hasil persilangan keturunan hasil kawin silang Himalayan dan Chinchilla dengan New Zealand White . Penemunya George West . Kelinci ini resmi diakui oleh ARBA tahun 1939. Saat ini kelinci ini dikembangkan didunia sebagai hewan penghasil daging yang baik.
Ciri-ciri Kelinci ini adalah sebgai berikut :
  • Bulunya putih dengan telinga,hidung,ekor dan kaki kelabu tua atau hitam
  • Warna hitam dihidung bisa mencapai separuh muka
  • Warna kelopak dan bulu mata pink
  • Bobot dewasa jantan ideal 3,6 - 4,5 kg, betina 4,3- 4,7 kg
  • Punggung sedikit membulat, bagian samping dan bahu penuh berisi daging
kelinci jenis salah satu kelinci yang dapat merawat anak dengan baik dan tingkat kelahiran anak rata-rata 48 ekor pertahun. Dengan bobot umur 60 hari rata-rata 1,8 kg


B.     PAKAN KELINCI

               Untuk kelinci yang di ternak dan hidupnya terbatas di sekeliling kandang. Kelangsungan hidupnya sangat di tentukan oleh perhatian dan perawatan dari si empunya. Jenis, jumlah, dan mutu pakan yang diberikan sangat menentukan pertumbuhan, kesehatan, dan perkembangbiakannya
Pakan hijauan yang seimbang terdiri dari hijauan, hay (rumput kering), biji-bijian, umbi-umbian, dan konsentrat. yukkk kita jabarin satu-satu…
  • Hijauan( rumput – rumputan), sebagai makanan pokok kelinci lazim di berikan oleh peternak kelinci tradisional. Pakan hijauan yang diberikan antara lain rumput lapangan, limbah sayuran (kangkung,sawi,wortel,lobak,caisin,kol, daun singkong),daun kacang tanah, daun dan batang jagung, daun pepaya, talas, dll). Hijauan untuk pakan kelinci jangan diberikan dalam bentuk ‘segar’, tapi telah dilayukan terlebih dulu untuk mengurangi kadar airnya. Proses pelayuan selain untuk mempertinggi kadar serat kasar, juga menghilangkan getah atau racun yang dapat menimbulkan kejang-kejang atau mencret. Pemberian pakan berupa kubis atau limbah sayuran lain akan membuat kencing kelinci keluar berlebihan. Soalnya limbah itu memiliki kandungan air tinggi.
  • Hay adalah rumput awetan yang dipotong menjelang berbunga. Rumput itu di keringkan secara bertahap sehingga kandungan gizinya tidak rusak, sekaligus mempertinggi kadar kandungan serat kasarnya. Bahan untuk hay antara lain rumput gajah, pucuk tebu, atau rumput lapangan menjelang berbunga. Daun kacang-kacangan yang dilayukan lalu di keringkan seperti hay, juga disukai kelinci.Ketika kelinci sakit terserang mencret, pemberian hijauan dihentikan. Sebagai gantinya diberikan 100% hay.
  • Biji-bijian Biji-bijian berfungsi sebagai makanan penguat. Pakan ini diberikan terutama untuk kelinci bunting dan yang sedang menyusui. Jenis pakannya bisa jagung, padi, gandum,kedelai,kacang tanah, dan kacang hijau. Biji-bijian itu sebaiknya digiling atau ditumbuk lebih dulu. Kalau pemberian biji-bijian terasa mahal, dapat dimanfaatkan bekatul, bungkil tahu, bungkil kelapa, atau bungkil kacang tanah. Kelinci muda yang dibesarkan melulu dengan pakan hijauan, sampai umur empat bulan bobot hidupnya hanya sekitar 1.5 kg. Kalau pakannya di tambah bekatul atau biji-bijian,kelinci muda umur empat bulan bisa mencapai bobot rata-rata 4 kg untuk New Zealand White, Californian, dan kelinci potong lainnya.
  • Umbi-umbian Ubi jalar, songkong, uwi, talas dan umbi-umbi lainnya dapat diberikan untuk kelinci sebagia pakan tambahan. Sebaiknya umbi yang beracun seperti singkong jangan diberikan mentah, tapi sudah direbus dulu atau dikeringkan menjadi gaplek.
  • Konsentrat dalam peternakan kelinci berfungsi untuk meningkatkan nilai gizi pakan dan mempermudah penyediaan pakan. Konsentrat sebagai ransum diberikan sebagai pakan tambahan atau pakan penguat, kalau pakan pokoknya hijauan. Konsentran untuk kelinci dapat berupa pelet (buatan pabrik),bekatul, bungkil kelapa, bungkil kacang tanah, ampas tahu, ampas tapioka, atau gaplek
KETERANGAN :
·       







             Legetan (sangat disukai kelinci), kandungan legetan baik untuk pakan. Boleh diberikan dalam jumlah banyak.

·         Dandelion, pakan tambahan untuk kesehatan kelinci.

·         Rumput Timothy. Pakan utama kelinci. Kolesterol 0% dan lemak hanya 0,6%. Sehat untuk pakan setiap hari kelinci Anda.


C.    KANDANG KELINCI

1.Syarat Yang Harus Di Penuhi:
  Kandang boleh dengan sistem bersusun. Tetapi pada   prakteknya sistem susun untuk tujuan efektivitas ruangan ini sering menjadi boomerang. Dengan modal kandang kayu dan mentalitas kebersihan yang minim akhir-akhir ini kita lihat kotoran menumpuk di kandang. Banyak peternak yang menginginkan kebersihan, tetapi karena sulit membersihkan lalu kotoran pun menumpuk. Tak heran kalau banyak kelinci yang terkena kudis dan gampang terkena bakteri jahat saat udara lembab. Karena itu sebaiknya jangan membuat kandang bersusun. Sistem kandang bersusun sering kali menurunkan kotoran (feses dan urine) kelinci yang berada di atasnya ke kandang kelinci bawah, bahkan tak jarang masuk ke tempat pakan. Ini sangat berbahaya.

  Kandang lebar lebih baik untuk menghindari kelembaban dan kenyamanan kelinci. Jangan sering meniru kandang orang- orang kota atau penghobi yang miskin lahan sehingga menciptakan penjara buat kelinci dengan luas kandang yang sangat minim. Semakin luas semakin baik. Minimal 4x ukuran besar kelinci. Jangan paksa dengan logika curang manusia dengan alasan tidak punya lahan luas tetapi ingin memelihara banyak lantas memaksa kandang bersusun dan berdesak-desakan. Cepat atau lambat hal iini akan mencelakakan kelinci.
  Buat alas yang kuat dan tidak bergoyang karena injakan. Itu akan membuat tidak nyaman kelinci. Lebih fatal lagi jika sampai kejepit, bisa mengakibatkan patah kaki.

  Alas kandang sebaiknya bisa dicopot sehingga setiap pagi kita bisa mengganti dengan alas kandang lain. Dengan begitu kita bisa mencuci di luar kandang; lebih efektif mencuci dengan sabun dan bisa langsung dijemur. Ini adalah pola sehat yang harus dilakukan.
  Buat celah lubang pada dua alas di sudut belakang untuk tempat pipis dan berak. Dengan begitu kita bisa menghindari tumpukan kotoran. Ingat, jika kotoran menumpuk lewat sehari saja, belakang atau bakteri akan hidup berkembang di situ. Jika kuku kelinci terkena itu biasanya nanti penyakit kudis, bahkan jika tertelan akan mengakibatkan penyakit pencernaan yang
gawat. Anak-anak kelinci sering menjadi korban dalam hal ini.

Kandang tidak boleh berlubang besar sebab bisa dimasuki tikus. Jika tikus bisa masuk, celakalah anak-anak kelinci yang baru lahir itu. Kandang celah lebar hanya diperbolehkan manakala kita yakin tidak ada ancaman tikus. Jika anak kelinci Anda sampai dimakan tikus yakinlah bahwa diri pikiran Anda kalah cerdik dengan pikiran tikus.

  Tinggi kandang tidak boleh pendek sebab salah satu kesehatan kelinci juga ditentukan oleh seringnya berdiri. Buatlah ruang yang tinggi untuk kelinci. Jika ukuran panjang kelinci mencapai 50 Cm, maka kita harus membuat tinggi kandang 60 cm.
Jarak tinggi antara alas kandang dengan tanah usahakan minimal 40 Cm. Dengan begitu kelinci jauh dari kotoran.

  Buatlah ruangan kandang kelinci senyaman mungkin dengan sikulasi udara yang lancar. Kandang boleh berjajar, tetapi tidak boleh terlalu dekat dalam hal model hadap-hadapan. Pokoknya harus dibuat longgar selonggar-longgarnya. Ingat, penularan penyakit bisa disebabkan oleh sentuhan, udara dan debu.

  sinar matahari pagi antara jam 6-8 sangat penting bagi kesehatan kelinci. Buat sinar sehat matahari itu masuk untuk kelinci Anda.

  Saat membuat kandang jangan hanya berpikir kokoh dan bagus, tetapi juga harus melihat aspek tepat. Kita lihat banyak kandang bagus bahkan mewah, tetapi pada akhirnya tidak sehat
Contoh kandang standar :










 

















D.    Ukuran dan kepadatan kandang

Ukuran kandang sebaiknya di sesuaikan dengan jenis kelinci yang dipelihara. Untuk tipe kelinci kecil atau sedang ukuran kandangnya bisa 150 cm x 75 cm per ekor, sementara untuk ukuran kelinci besar ukurannya 180 cm x 75 cm per ekor. Kandang untuk beranak bisa dengan ukuran 50 cm x 50cm


E.     PERKAWINAN

                 Masa puber kelinci jantan rata-rata umur 3 bulan dan bisa membuahi pada usia 5 bulan. Sedangkan masa puber kelinci betina pada usia 5 bulan dan rata-rata bisa hamil pada usia 5,5 bulan ke atas. Namun itu tergantung dari jenis kelinci itu sendiri seperti jenis, carolina, english spot, dan new zelan whith akan mencapai dewasa kelamin pada umur 5-6 bulan, sementra untuk kelinci jenis besar seperti  American Giant akan mencapai dewasa kelamin pada umur 7-8 bulan.


Cara mengawinkan kelinci:
                Betina di bawa ke kandang jantan. Jangan sampai terbalik. Jantan butuh dominasi sehingga ia lebih agresif kawin di kandangnya sendiri.
1.      perkawinan pada suhu di atas 27 derajat tidak baik.

2.      perkawinan seharusnya pada pagi hari, antara jam 6-8(waktu ideal), atau jam 4 sore-8 malam.

3.      bopong kelinci betina ke kandang jantan. Biarkan beberapa menit. Biasanya sebelum sex kelinci butuh cumbuan. Berputar-putar duluan itu biasa. Hati-hati kalau kecepit alas. Mestinya kandang harus bagus dan tidak mengakibatkan kelinci yang berlari-lari terjepit. Bisa patah kaki nanti. Kalau kandang jelek mending dikawinkan di luar saja. Caranya, pejantan dikeluarkan dulu, jeda 15 menit baru diturunkan betina. Hal ini Biasanya dengan menyemprotkan air kencing untuk menguasai lokasi. Jika sudah kencing, barulah betina diturunkan.
4.      biarkan saja berkejar-kejaran. Sampai nanti mereka akan kawin.

5.      menjelang penetrasi penis ke vagina, biasanya betina merunduk, dan jantan di atasnya, lalu ekor betina naik tanda memberi kesempatan penis menusuk.

6.      saat penetrasi penis, pejantan butuh waktu beberapa saat. Dan setelah penis masuk biasanya pejantan langsung aksi. Sebentar kemudian, kira-kira dalam beberapa genjotan akan orgasme. Pejantan orgasme akan terkulai lemas, terkapar. perilaku betina biasanya santai saja. Kadang berdiri lalu berdandan, kadang tidur dan kadang mereka saling mencumbu. Setelah satu menit kemudian, ambil betina dari kandang jantan. Istirahatkan barang 10-15 menit. Baru kemudian dikawinkan lagi ke kandang pejantan. Kalau sudah dua kali, bisa diulangi sekali lagi dengan mengistirahatkan 10-15 menit lagi. Jika pada kawin ketiga betina sudah tidak mau, anggaplah cukup. Toh perkawinan sekali biasanya juga jadi.

7.      Bagaimana mengistirahatkan kawin jika di alam bebas? Tidak usah diistirahatkan. Biarkan saja mereka berkeliaran bersama. Nanti akan kawin ulang lagi. Cukup setengah jam mereka berdua di lapangan, setelah itu kembalikan.
8.      Selalu ada betina yang menolak kawin. Apa sebab? Bisa karena sedang dalam kondisi hamil, tetapi dalam kondisi hamil pun kelinci bisa kawin dan hamil lagi. Awas, jangan sampai terjadi perkawinan dalam masa hamil atau menyusui. Menyiksa nanti. Penolakan betina kepada jantan juga bisa disebabkan beberapahal, antara lain, 1) betina tidak suka dengan pejantan itu. Solusi, ganti pejantan lain.2) betina merasa tidak nyaman dalam kandang. Solusi, kawin di luar.3) betina sedang dalam kondisi stress, solusi tidak bisa dikawinkan. Rawat dulu, coba ulang beberapa hari kemudian.
                Kawin sekali bisa melahirkan antara 2-4 ekor anak. Sedangkan jika kawin 2-3 kali biasanya mampu melahirkan 4-8, bahkan 10 anak, namun hal itu tergantung ras dan kondisi produktivitas sang betina.
            Ciri-ciri kelinci jantan maupun betina hendak kawin bisa dilihat pada bagian kelaminnya. Jika merah dan basah, tanda sudah pingin kawin. Bisa juga dengan melihat tingkahnya, seperti pantatnya ngesot dipagar kandang, atau menggesek-gesek dagunya. Atau bisa juga melihat dengan memegang bagian pantat. Jika saat kelinci dipegang langsung nungging itulah tanda kepingin kawin


F.     CIRI-CIRI KEHAMILAN

              Setelah 7 hari dikawinkan, biasanya janin mulai tumbuh. Tetapi hal ini belum tentu mudah mengenali kehamilan secara pasti. Hanya peternak yang sudah lama saja yang peka letak kehamilan kelinci pada umur 7 hari. Pada umur perkawinan 14 hari kita sudah bisa mendapatkan kejelasan. Ciri-cirinya di antaranya ialah.
(1) bagian mulut sedikit kemerah-merahan.
(2) terkadang merasa stress, mengorek-ngorek kandang. Kalau misal dikeluarkan dari kandang dan menemukan tanah, ia akan langsung mengaduk-aduk tanah sebagai tempat persembunyian. (pada umur 17 hari biasanya stress meningkat). Tak usah buru-buru memberikan kotak. Tunggu sampai umur kehamilan diatas 25 hari.
(3) makan banyak dan selalu lapar. Anda harus serius dalam hal pakan, jangan sampai sering kelaparan sehingga stress bertambah. Kekurangan pakan dan air minum bisa mengakibatkan kanibal, atau tidak mau menyusui.
(4) pada umur kehamilan 17 hari sudah bisa diraba bagian bawah perut.
(5). Menguji kembali, yaitu mencoba mengawinkan kelinci , jika betina hamil maka betina tidak mau kawin lg. Namun terkadang mau kawin lagi. 

                 Cara meraba yang akurat dengan mengangkat kelinci lalu ditaruh dipangkuan kita. Elus-elus dulu sebelum tangan kita masuk ke bagian perut bawah. Sebab kalau tangan kita langsung nyosor bagian perut kelinci hamil bisa berontak. Kalau sudah diraba, elus-elus pelan, kalau belum yakin terasa, tekan sedikit jari anda, meraba rata bagian perut, bagian tengah sampai belakang. Jika hamil akan terasa beberapa benjolan seperti kelereng. pada umur kandungan 23 hari sangat jelas terasa dan pada umur 29 hari induk mulai gusar dengan hidung memerah.,biji-biji “kelereng” di dalam perut itu semakin menurun mendekati vagina.
               Kalau sudah dikawinkan tetapi pada umur 35 hari tidak berhasil itu bisa jadi bunting semu. Atau saat mengawinkan tidak benar.
             Apakah perlu tidak usah menunggu 35 hari kita bisa mengawinkan?
               Jika Anda yakin bahwa kelinci tidak hamil boleh saja. Lakukan pada umur kehamilan 20 hari sejak kawin yang Anda anggap gagal tersebut. Tetapi jika Anda ragu apakah kelinci gagal hamil atau memang benar hamil, sebaiknya kita bersabar sampai umur perkawinan benar-benar melewati 30 hari.  Sebab kalau kita nekad mengawinka lagi pada saat kelinci hamil bisa jadi nanti hamil susulan. Harus diingat, tidak setiap kelinci yang hamil menolak kawin, sebagian ada yang mau kawin.

G.    PENYEBAB KEGAGALAN KEHAMILAN

Perkawinan tidak mesti menghasilkan kebuntingan hal ini karena ada beberapa faktor seperti:
v  Umur kelinci, kelinci yang telah berumur lebih dari tiga tahun telah tergolong umurnya telah tua. Pada kondisi tersebut kemampuan produksinya telah tergolong tidak produktif.
v  Suhu lingkungan yang terlalu tinggi yaitu 30 derajat celcius, sering mengakibatkan penurunan berat badan dan kemampuan reproduksi.
v  Perubahan suhu yang terlalu mendadak juga bisa menjadi penyebabkegagalan kehamilan. Oleh karena itu perkawinan baiknya di lakukan pada pagi hari atau sore-malam hari.

H.    PRA KELAHIRAN

                  Saat hendak melahirkan kelinci nampak gusar dan gelisah. Mereka merasakan perutnya bergerak-gerak. Tanda-tanda ini dibaca oleh sang induk sebagai bahwa sebentar lagi akan terjadi kelahirkan. Biasanya kelinci melahirkan antara umur 28-34 hari. Namun kebanyakan kelinci melahirkan pada usia kandungan 29-30 hari. Masa-masa hamil membutuhkan perhatian khusus. Minggu pertama setelah kawin peternak harus memperhatikan pakan yang baik, yakni rumput, sayuran dan pellet. Jangan sampai telat air minumnya.
                 Pelet harus tersedia siang dan malam. Jangan sampai kotak makanan kosong sama sekali. Sayuran setengah kering diberikan sedikit pada siang hari. Sorenya diberikan rumput sebesar badan kelinci. Usahakan malam harinya, sekitar jam 10 atau jam 11 diberi tambahan rumput atau umbi, wortel, atau bisa juga ketela pohon. Kelinci hamil seperti halnya manusia. Banyak keinginan untuk makan. Karena itu supaya anaknya sehat dan pola menyusuinya bagus pakan tersebut harus dipenuhi. Selama masa kehamilan kelinci biasanya gelisah dalam tiga periode, yakni minggu pertama dengan membesarnya janin. Minggu kedua bergesernya janin, dan minggu akhir, 3 hari sebelum melahirkan.
                   Pada usia kandungan 27 hari usahakan sudah tersedia kotak untuk calon jabang bayi. Berikan jerami secukupnya agar Induk merasa tenang. Jika kotak tidak diadakan, induk akan merasa stress berat karena ia merasa khawatir tidak bisa melindungi anak-anaknya. Hal lain yang harus diperjelas adalah pemenuhan minum. Orang bilang kelinci cukup mengonsumsi kandungan air yang ada dalam rumput. Mereka berasumsi rumput mengandung 80% lebih air
sehingga tidak perlu diberikan minum. Ini pola pikir kebanyakan yang sembrono dan ngawur. Memang benar kadar air rumput sudah banyak, namun sebagai makhluk hidup kelinci juga butuh minum. Analoginya, cukupkah manusia hanya mengonsumsi air dari kuah sayuran?
                Jelas tidak. Kelinci juga butuh minum. Untuk kelinci yang tidak hamil cukup ½ gelas perhari. Sedangkan kelinci hamil membutuhkan 1 gelas perhari.
                Anak kelinci yang lahir dari induk sehat dengan mengonsumsi air secara baik akan terjamin kesehatan dan kekebalan tubuhnya dibanding anakan induk yang tidak diberikan air. aat-saat menjelang kelahiran, induk akan mencabuti bulunya. Biarkan saja. Usahakan saat hendak melahirkan jangan dilihat terlalu dekat karena akan menimbulkan kekhawatiran anak-anaknya dimangsa manusia. Karena itu persiapan sebelum melahirkan harus dipenuhi secara baik sehingga kita tidak perlu khawatir adanya anak yang kejepit dikandang atau ketidaknyamanan kandang
            Setelah 5 menit melahirkan, berikan air segar dan sayuran. Perlu diketahui, Induk setelah melahirkan akan mengalami dehidrasi dan rasa lapar yang hebat. Karena itu berikan perhatian dengan sayuran, wortel dan minuman, syukur ditambah vitamin. Berikan kasih sayang dengan cara mengelus-elus kepala dan badannya saat sang induk makan. Tapi jangan coba-coba memegang anak-anaknya yang baru lahir, sebab sang induk akan marah dan cemas. Usahakan kalau terpaksa harus mengatur anak-anaknya karena jatuh dari kandang atau kejepit jangan pakai tangan kosong. Pakailah plastik yang bersih atau koran. Sebab jika daging sang anak bau tangan manusia ada sebagian induk yang enggan menyusuinya

I.       PASCA KELAHIRAN

              Kelinci lahir hanya mengandalkan makan dari air susu induknya (ASI). Biasanya induk menyusui pada jam-jam tertentu pada subuh atau malam hari.
                         
1.      MENYUSUI
                    Induk kelinci menyusui itu ada waktunya. Biasanya pada jam-jam tertentu, bisa jam gelap datang (18:00), bisa pula jam 20:00, bisa pula menjelang subuh. Pokoknya pada jam malam, dan hanya sedikit yang menyusui pada siang hari. Anak kelinci wajib mendapat pasokan ASI hingga usia 35 hari. Di bawah itu anak tidak sehat dan gampang mati. Berdosa jika kita memisahkan anak kelinci dari induknya sebelum usia 35 hari.
                   Setelah melahirkan, induk memang seolah-olah cuek dengan anak-anaknya yang berjempalitan di kotak. Saat melahirkan pagi atau siang hari terkadang induk menyusui setelah beberapa jam kemudian, untuk kemudian diulang pada malam hari, tetapi ada kalanya yang menyusui langsung malam harinya.
                    Maka, pertanyaan mengapa induk kelinci tidak mau menyusui itu perlu diperjelas, apakah benar-benar tidak mau menyusui? untuk memastikan bahwa apakah induk
menyusui atau tidak kita perlu nongkrongi sejak sore hingga subuh. Jadi, Jangan terburu-buru menyimpulkan tanpa mengenal karakteristik perawatan induk kelinci terhadap anak. Beternaklah dengan kaidah supaya tidak salah arah.
             Bagaimana jika memang Induk tidak mau menyusui dengan bukti anak-anaknya pada mati? Kemungkinan tiga hal, (1) mastitis (2), keringnya air susu karena kurang gizi (karbohidrat dan serat), dan (3) karena disebabkan stress, biasanya disertai kanibal,(4) daging sang anak bau tangan manusia.

2.      PERAWATAN ANAKAN

                    Anak kelinci akan belajar makan rumput pada umur 14 hari dan mulai banyak makan diusia 26 hari. Wortel atau ubi kayu sangat bagus diberikan pada umur 14 hari supaya gigi-gigi kelinci mulai tertata baik.

J.       MENGAPA INDUK KELINCI CUEK?

            Memahami hal ini sebaiknya kembali ke alam. Sebagai hewan bukan pemangsa dan punya naluri lebih banyak dimangsa, kelinci harus berlaku cerdas untuk melindungi anak-anaknya. Sikap cueknya bukan karena ia tidak punya naluri keibuan melainkan sebagai strategi menyembunyikan anaknya supaya hewan pemangsa tidak mengetahuinya.

                Ia lebih memilih siap berkorban manakala ada pemangsa untuk melarikan diri sebab ia tidak mungkin memenangkan pertarungan terbuka dengan musuhnya. Itulah sebabnya saat kelinci hendak menyusui biasanya berputar memeriksa lingkungan, bergerak pelan dan tidak membuat gaduh. Naluri alam ini dibawa ke kandang domestik.

                  Karena itu tidak perlu heran manakala ada tikus masuk tetap saja induk berlagak cuek sebab ia tidak punya cara untuk menyerang hewan pemangsa lain. Hanya kelinci jantan yang biasanya melabrak tikus. Sayangnya, di dalam kandang domestik strategi menyembunyikan anak ini tidak selalu efektif. Tikus justru sering memangsanya secara leluasa

            barulah kemudian induk itu stres setelah memeriksa kondisi anaknya. Biasanya induk yang kehilangan anaknya akan nampak bingung, mata berkaca-kaca dan nafas ngos-ngosan karena geram.
Apakah Induk salah?

                   Tidak, sebab di alam bebas strategi itu akan selalu tepat dan selalu berhasil.  Di alam bebas, tikus bukanlah ancaman sebab lokasi hidup kelinci sangat berbeda dengan tikus, bahkan kelinci tidak pernah berhubungan dengan tikus. Mengamankan anak kelinci dari jangkauan tikus sepenuhnya tanggungjawab manusia yang menciptakan pola kehidupan kelinci.

                     Sepatah kata dari Mamur Suriaatmadja penting kita hayati. Promotor Kelinci Nasional Era 1980an itu mengatakan, “jika kelinci sampai dimakan tikus, itu pertanda pemiliknya lebih bodoh daripada tikus.

Pemisahan anak dari induk minimal 35 hari. Dimulai sapih pada usia 32 hari dengan cara memisahkan pada siang hari dan mengembalikan pada sore hari. Jika belum hendak dijual atau alasan lain, anak kelinci bisa terus menyatu dengan induknya hingga umur 55 hari.


K.    KELINCI KANIBAL?

                  Banyak induk yang memakan anak-anaknya saat melahirkan. Ini adalah kanibal. Kasus ini bukan hal yang klasik, bahkan saat ini sangat tergolong banyak, terutama pada pemelihara pemula dan mereka yang memelihara di kota-kota besar. Apakah lazim ibu kelinci memakan anaknya sendiri? Bukankah kelinci itu pemakan tumbuhan dan tidak masuk golongan hewan pemangsa?


                   Ya. Ini tidak wajar dan di alam bebas kanibal hampir dikatakan tidak pernah terjadi.  Tetapi dalam situasi terpaksa hal itu sangat mungkin terjadi. Dari berbagai literatur, penyebab utamanya hanya dua, yakni soal pakan yang buruk dan situasi stres berkepanjangan, atau bisa juga disebabkan oleh kombinasi antara buruknya pakan dengan stres.
                  Sekalipun kelinci tidak memiliki tabiat memakan daging, tetapi manakala pakan tidak menjamin kehidupan dirinya (terutama saat hamil), maka ketika stres, tepatnya saat melahirkan di mana induk banyak kehilangan energi ia terdorong untuk menyelamatkan anak-anaknya dari ketidakmampuannya “melayani “ kehidupan anaknya. Menelan adalah satu-satunya cara yang bisa ia lakukan karena kelinci terpenjara. Dengan menelan, selain bertujuan menolong (sekalipun caranya salah), induk juga berpikir dirinya tidak kehilangan kesehatan akibat melahirkan.

                 Sayang seribu sayang, memakan anak ini juga tidak menyelesaikan masalah. Kelinci yang berharap tidak terbebani oleh adanya anak-anak karena air susunya yang minim itu pada akhirnya tetap stres. Sebab setelah makan anak-anaknya ia tetap tidak merasa lebih bugar. Bahkan pada sebagian besar induk yang tertimpa kanibal itu lalu trauma untuk tidak hamil


Itulah mengapa induk kanibal sering sulit kawin karena trauma kelak akan hamil dan menderita.
Siapakah yang salah?

                Jawabnya adalah pemiliknya. Kanibal disebabkan oleh pakan yang miskin gizi. Para pemelihara sering meremehkan perawatan induk sebagai yang harus diperhatikan secara ekstra. Seolah-olah dengan merek pelet atau cukup dengan sayuran kelinci hamil cukup untuk menopang kehidupannya. Kehamilan dengan miskin gizi dipastikan mengondisikan induk stres. Oleh karena itu mestinya pemelihara menyediakan banyak pakan pada induk kelinci. Rumput (hijauan) jenis gulma tegalan/sawah sangat kaya menyediakan serat yang baik. Bekatul padi juga baik untuk induk kelinci, termasuk juga ampas tahu.

               Selain itu butuh kalsium dari wortel, misalnya pada masa kehamilan induk diberi wortel 2 hari sekali. Daun pepaya sangat penting, juga sedikit bayam sebagai pakan tambahan


Ubi jalar putih (bukan ungu dan merah) banyak memberi gizi untuk kesehatan induk. Selain itu juga butuh vitamin A, B, E dan K agar kesehatan induk bisa maksimal. Ketergantungan dengan pelet bukanlah cara baik karena gizi yang dibutuhkan kelinci sangat banyak sehingga tidak ada pakan yang bisa mengklaim cukup untuk memenuhi gizi kelinci. Pakan mesti beragam. Jangan lupa air minum yang bersih dan sehat.

                 Selain pakan, situasi kandang, kebersihan dan sanitasi mesti diperhatikan secara baik.  Situasi kandang yang jelek di antaranya ialah lembab, pengap, sumpek, banyak tikus, dekat kucing, anjing dan terlalu banyak didatangi orang.

                 Pendek kata, induk hamil butuh perawatan khusus. Jangan salahlah kelinci kanibal, sebab itu kesalahan pemelihara. Kelinci tidak akan kanibal manakala tidak stres dan pakan terjamin. Percayalah!

TRIK PEMELIHARAAN YANG BAIK

                       Agar kita dapat memelihara kelinci dengan baik ada beberapa point yang harus kita penuhi
     Buatlah kandang yang baik yaitu meliputi, pintu yang flexsibel untuk memindahkan kelinci, memberi makan, membersihkan kotoran, memasukan kotak untuk beranak. Buatlah dari kayu atau bambu yang baik, usahakan kayu atau bambu tidak melukai kelinci.




     Asupan makanan, berilah kelinci beraneka agam rumput, dan hindari pemberian sayuran seperti kubis karna akan membuat air kencing menjadi bau. Kelinci juga memerlukan air seperti manusia jadi sebagai pecinta kelinci kita harus memberikan selayaknya apa yang kelinci butuhkan.



3.      Tempat pemeliharaan, sebaiknya tempatkan kandang yang minim dengan suara suara gaduh, karna dalam kondisi tertentu kelinci mudah stress, kondisi tersebut antara lain sedang hamil dan menyusui.



     Perhatian extra, pada kondisi tertentu kita harus tanggap akan kebutuhan kelinci yang mendesak , seperti kelinci sakit, kelinci hamil dan melahirkan, pada kelinci hamil dan melahirkan sebaiknya kita berikan makanan yang banyak dan cukup air minum, karna lebih baik berlebih makanan dari pada kekurangan makanan, kelinci yang kelaparan saat habis melahirkan  memungkinkan sang induk akan memakan anaknya yang baru lahir begitu juga ketika menyusui.


    Berikan makanan penambah vitamin, baik vitamin alami bisa dari sayuran seperti wortel, ketelapohon maupun vitamin yang dapat kita beli di toko hewan.

     Belilah kelinci di tempat yang terpercaya, sebaiknya ketika kita membeli kita harus tau riwayat kelinci itu, mulai dari umur, jenis kelinci, daerah asal kelinci, karena dimungkinkan kelinci akan kesulitan beradaptasi di tempat baru yang memiliki perbedaan iklim extrim.

    Sesekali pergilah ke tempat peternakan kelinci untuk bertanya mengenai beternak kelinci pada ahlinya.



REFERENSI
chandikarabbit.wordpres.com
print this page Print halaman ini


1 comment

imam santoso mengatakan...

infonya komplit banget,mksh

7 Desember 2012 20.41