Paksa Klik Iklan Pada Blogger UNTUK MENUTUP IKLAN

01/11/12


PERAWATAN PLECI YANG BAIK
URAIAN MATERI DARI KOMANDAN ISTONO YUWONO
Oleh Gogo Net di 
URAIAN MATERI DARI KOMANDAN ISTONO YUWONO

JENIS-JENIS PLECI

Sifat dasar pleci adalah, berkicau untuk mengumpulkan koloninya.. bila sudah banyak koloninya disekitarnya, dia kan berhenti berkicau, untuk kemudian mencari makan bersama-sama koloninya pada beberapa kasus yg saya jumpai, pleci dari saya yg sudah jadi (mau tampil) setelah dibawa sekian waktu oleh teman-teman saya jadi tidak mau tampil.. namun syukurlah, setelah beberapa hari (kisaran 2 minggu) akhirnya mau tampil kembali.. tak jarang pula, pleci yg setelah sekian lama tak mau tampil di tangan teman, setelah berpindah tangan ke tangan
saya jadi mau tampil...
Ada beberapa analisa saya yg dibenarkan oleh rekan-rekan yg sempat memboyong pleci-pleci saya :
1. karena pertimbangan penampilan, cepuk mandi diperkecil (sangkar ngejar model)
2. karena ingin terus-terusan mendengarkan plecinya berkicau, keseharianannya dijauhkan dari koloninya (karena kebahagiaan memelihara burung adalah mendengarkan kicauannya setiap saat)
3. gantang hariannya ditempat alami (pohon atau tempat terbuka lainnya)
4. terlalu diumek-umek/otak-atik.. padahal belum diuji keberhasilannya dirubah lagi.. bahkan ada yg saking rajinnya, kandangnya disemprot air sampai bersih setiap hari, burungnya dipindah sangkar lain lagi setelah kandangnya bersih dikembalikan
Kini Saatnya Menuju Metode Perawatan Pleci Yg Tepat Versi Saya : 
1. untuk membuat pleci krasan, saya biarkan sangkarnya sejorok mungkin (semakin sangkar itu berbau khas pleci yg tinggal di kandang itu, dia semakin kerasan)
*pengaplikasian ke momongan masing-masing silahkan disesuaikan*
2. membuatkan koloni untuk pleci jagoanku (memelihara lebih dari 1)
lalu keseharian dengan posisi yg selalu saling berhadapan, mulai 05.30/berangkat nguli, saya putarkan suara nature theraphy dengan suara yg sedang sampai saatsaya pulang nguli (17.30) memang diawal pleci akan cenderung diam, tapi seiring waktu akan jadi kebiasaan... mulai dari ngriwik bareng sampai bentak-bentakan secara bareng Mengecas dengan pleci betina adalah metode terakhir bila dia sudah tidak mau ditampilkan secara normal om.. (dibiasakan ngecas pake betinaan tidak disarankan untuk pleci yg masih belum kita coba cara normal tampilnya) jangka panjangnya tidak mau tampil bila sudah kehilangan betinaannya. 
3. berikan cepuk mandi yg lega.. karena bila burung memiliki pola mandi yg bagus, maka pola makan akan bagus pula yg akan berefek kepada ,performancenya.
4. sesuaikan ukuran kandang dengan pleci kita.. banyak kasus saya jumpai, karena terlalu besar kandangnya, powernya hanya habis untuk berlompatan kesana kemari (bukan untuk berkicau) voor adalah pakan cadangan.. pleci cocok dengan voor yg berkadar protein 12-18% (hampir seluruh voor berkomposisi seperti ini)jarak gantang saya di teras rumah adalah kisaran 80cm-1 meteran  jangan lupa berikan minum manis boleh madu, boleh air gula, boleh susu.kental manis warna putih (tidak direkomendasikan yg berwarna atau mengandung coklat) karena pleci pada dasarnya adalah penyuka nektar (air manis calin madu yg terdapat di bunga-bunga) minum air manis setiap hari, kecuali mau tampil minggunya, jumat biasanya saya cabut supaya fokus ke makan EFnya Kebetulan punya saya hanya dikrodong 24 jam sebelum tampil saja.
Jagoan saya tidak harus jinak.. bila sudah ketemu setting tepatnya (birahinya pas) walau di atas tanah, dikerumuni orang banyakpun tetep baor-baor Rawatan pleci saya.. barangkali ada yg cocok monggo diterapkan :
1. saya cari waktu saya yg paling longgar (biasanya bila seisi rumah sudah tidur/tenang) kisaran jam 21.00
2. seluruh momongan saya turunkan, saya beri UH 7 ekor, air cepuk mandi saya bersihkan/isi penuh
3. khusus hari rabu dan sabtu malam saya beri kroto 1sdm
4. kalau hari minggu turun, sabtu saya krodong, minggu saya beri kroto 2 sdm dan UH 14 ekor

Mengenai penjemuran, saya hanya mampu menjemur hari sabtu saja.. sementara minggu hanya jemur sebelum dibawa ke acara..Jadi untuk pengganti panasnya saya menggunakan UH ini. "ingat, rawatan saya ini hanya sebagai tolok ukur/pembanding" jadi bukan 100% akan sesuai dengan momongan rekan-rekan.. tapi untuk diketahui pula, rata-rata pleci saya juga gak doyan UH pada awalnya.. namunseiring dengan pola mandi yg baik, maka pelan tapi pasti dia mau/doyan UH
Kalau dalam rumus saya, UH lebih sebagai Lauk, sementara sayurnya ya Kroto itu :)... voor sebagai nasinya Pisang pakan alam BURUNG PLECI, saya belum pernah menjumpai kasus pleci serak karena tenggorokannya berlendir akibat makan pisang :) namun pisang banyak mengandung lemak, jadi pemberian 1 pisang saya bagi menjadi 2 sampai 4 potong 1 minggu 1 sampai 2x
ANTISIPASI pisang karbitan/disemprot karbit untuk mematangkan. sebalum diberikan upayakan dicuci dulu.. kroto yg disimpan di lemari es, tetap diletakkan dalam kantong korannya supaya embun es tidak langsung menyentuh kroto, letakkan di ruang penyimpanan sayur. sebelum diberikanke PC kita, angin2kan supaya embun esnya menguap Kalau mengenai mandi, saya tidak pernah menyemprot, bahkan memaksakan pleci saya untuk jinak... karena yg saya pakai seperti rumus CR, CR yg tidak dipaksa Jinak akan cenderung lebih mau mengeluarkan suara aslinya yg indah. mandi cukup di cepuknya... bila ingin pleci kita rajin mandi, cukup penuhi ulang cepuk mandinya. biasanya bila dia melihat air menggenang dan bersih, walau bulunya baru kering, dia akan mau nyebur lagi Untuk menurunkan birahi, mandi malam... dikurangi penjemurannya... diberi pepaya... apel... atau jeruk.. Seperti yg saya paparkan diatas... saya hanya mengkerodong jagoan saya 1x24 sebelum gantang saja.. harian polos..

Dalam Pemilihan Katuranggan.. Ada 2 Aspek Yg Paling utama :
1. sorot mata untuk menentukan sifat tarungnya
2.bentuk paruh untuk menentukan kerajinannya bersuara Ada juga cara mudah membuatkan koloni untuk PC kita.. letakkan di gantangan sejajar.. lalu gantang pleci2 kita berhimpitan.. harapannya, begitu dikeluarkan darikoloninya yg berhimpitan ini, dia akan koar-koar karena mencari koloninya
Ada Rahasia Kecil Untuk Mengetahui Pleci Kita Siap Gantang Atau Tidak
cobalah gantang di pasar/keramaian/banyak suara burung berkicau.. bila dia mau gacor lebih daripada dirumah, maka biasanya itu salah satu tanda dia sedang top form. Saya memberikan UH 1x 1hari sebanyak 7 ekor itu (biar burungnya sendiri yg manajemen pengkonsumsiannya)  Paruh pada setiap kicauan dapat menjadi tolok ukur
Kerajinan Dan Ketajaman Suaranya. Demikian Halnya Pula Dengan Pleci/Kacamata :
1) paruh panjang, tidak terlalu tebal memiliki ketajaman suara yang baik dan rajin berkicau
2) paruh panjang dan agak tebal memiliki suara keras dan berat namun kurang lepas dan terkesan tertahan
3) paruh pendek dan agak tebal biasanya kurang rajin berkicau tetapi suaranya tebal
4) paruh pendek tipis kurang rajin berkicau dan tipis suaranya Sorot mata (jangan fokus ke tebal tipisnya kacamata) karena kadang kita tidak memungkiri, semakin tebal kacamatanya akan semakin terlihat garang (sedap dipandang) padahal sorot mata sendiri adalah cahaya mata (tajam tidaknya cara dia memandang) bisa dilihat dari melotot/tidak, kemudian sudut mata menyempit atau tidaknya. Semakin melotot semakin baik dan sudut mata yg terlihat menyipit memperlihatkan jiwanya yg jahat/jutek Seperti yg saya uraikan diatas, kalau bisa dibiasakan suasana gantangan non alami. karena bila terbiasa digantang deket dengan pohon dll sebagainya akan berpengaruhpula bila ditampilkan di gantangan.. sebagai salah satu contoh.. pleci pikat, dia biasa gacor di hutan2 untuk mikat.. tapi perlu diajari juga saat mau dibawa ke gantangan..
 Kalau dalam rumus saya, asal bukan saatnya mbrodhol bulu, diberi pakan apapn takkan mengakibatkan brodol. mengenai kandungan protein UH tidak diragukan.namun yg perlu kita ketahui, UH adalah sumber panas instant untuk burung kesayangan kita Protein yg berlebih, dan lalu birahi tidak terbuang/tersalurkan dengan baik akan mengakibatkan hal yg fatal (dari mulai problem bulu, macet bunyi dll) protein berlebih juga akan mengakibatkan bulu menjadi kusam Ada langkah mudah yg saya pakai untuk mengatasi kejenuhan pleci-pleci saya dirumah bila saya tidak sempet bawa jalan-jalan/latber.. saya bawa pulang seekor pleci, bisa ombyokan atau pinjam teman.. lalu saya letakkan di teras rumah diantara pleci lainnya... hal ini bertujuan untuk memotivasi pleci-pleci saya yg malas bunyi untuk mau ngalas kembali (teori teritorial) . secara naluriah, pleci yg sudah mapan dirumah akan merasa teritorialnya terganggu akan baor-baor untuk menunjukkan wilayah kekuasaannya
"KESALAHAN TERBESAR PLEMAN SEKALIAN ADALAH... KARENA INGIN SENANTIASA
MENDENGARKAN PLECINYA SELALU BERKICAU, MEREKA SERINGKALI MENYENDIRIKAN
PLECINYA, SEHINGGA TIDAK TERBIASA BERNYANYI BERSAMA-SAMA"

Coba amati pleci rekan-rekan dirumah.. ekor yg mengumpul mengindikasikan kondisyg top form kalau boleh dipastikan.. pleci yg ekornya ngumpul lebih gacor dari yg saat ini sedang mekar. uji kasus bentuk ekor ini akurasinya sampai menyentuh angka 80%. ekor ngumpul kalau dalam pantauan saya lebih ke perform burung om.. (seperti yg lazim kita jumpai pada jenis pentet) semakin mengumpul di satu garis, kondisinya semakin top Mengenai kasus si golden army, setelah turun gantangan, saya coba flashback.. segala sesuatu yg terkait dengan performnya.. saya sempat ingat pada salah satu sesi kopdar, setiap kali saya perhatikan bila si golden army ini saya cas dulu (tempel dengan lawan-lawannya) dia akan diam sekian saat setelah dipisah... bahkan tak jarang seperti melamun atau bengong, akhirnya saya ambil langkah extreem.. sekaligus spekulasi.. golden army saya siapkan untuk klas "B" padahal klas "A"nya jelas2 tidak jalan.. saya kerodong ulang, saya letakkan di tempat yg agak tenang... begitu sudah sekitar 1/2 jam saya kerodong, saya letakkan di atas tanah lalu saya buka kembali krodongnya... golden army sudah mulai mau buka suara lagi.. nah, pada sesi kedua inilah saya tampilkan tanpa ritual cas terlebih dahulu.. dan syukurlah, dia mau tampil Kesimpulannya, bukan hanya pola pemberian pakan saja ataupun tentang perawatan.. tapi perlakuan sebelum gantang juga menentukan, belajarlah dari kegagalan dan pengalaman, ingat-ingat setiap hal yg terkait dngan apa yg sudah terjadi lalu jangan pernah letih menganalisa.


3 komentar

Unknown mengatakan...

klo di kasih pakan cabe bakal berkicau gak ??

7 Desember 2012 pukul 14.00
Anonim mengatakan...

khó khăn thông tin ngôn ngữ là jugaa khó khăn .. ""

25 Mei 2013 pukul 17.03

fenomena pleci emang gak ada habisnya,,walaupun sempet surut ditahun 2013 tapi tetep naik di tahun berikutnya :

audio terapi pleci : http://goo.gl/WjQsCs

14 Januari 2015 pukul 08.51