Paksa Klik Iklan Pada Blogger UNTUK MENUTUP IKLAN

07/11/10

TERAPI PENYAKIT HATI: TERAPI KIKIR MENURUT IMAM GHOZALI

Percayalah jika seddekah bisa sebagai terapi penyakit jiwa! Dalam hadits rasullulah bersabda “berobatlah kalian dengan sedekah”.

Hadits rasullulah di atas merupakan nasihat terhadap penyakit secara umum, penyakit apa saja biasa di sembuhkan melalui terapi sedekah, dalam pembahsan kali ini penulis hanya akan membahas mengenai terapi penyakit jiwa, yaitu penyakit cinta harta dan kikir

Penyakit cinta harta dan kikir

Cinta harta dan kikir merupakan gangguan rohani. Ia merupakan penyakit jiwa yang dapat menyiksa ketenangan dan kenikmatan hidup. Jiwa yang sehat adalah jiwa yang bisa merasakan dan menikmati ketentraman hidup, jika seorang hidup dalam keadaan tidak tentram tetapi selalu sibuk memikirkan harta kekayaan dan takut hartanya itu akan lenyap, maka ia menderita gangguan jiwa.

Biasanya orang yang terlalu mencintai harta bendanya orang itu pasti tidak akan terlepas dengan sifat kikir, orang yang mempunyai sifat kikir pasti tidak akan terlepas dengan sifat rakus, sifat rakus adalah sifat yang membuat seseorang tidak pernah terlepas akan rasa puas, dan akan merasa kurang walaupun semua kebutuhannya telah terpenuhi. Dengan kata lain ia tidak pernah menyukuri rejeki yang di berikan allah kepadanya, penyakit ini membuat jiwa tidak tenang dan hati senantiasa gelisah.

Satu-satunya obat untuk menyembuahkan hal itu adalah dengan belajar berqanaah dan bersedekah. Imam ghozali berkata, barang siapa ingin mengatasi sifat rakus, yang harus dilakukan yaitu dengan berqanaah yaitu,pertama dengan bersabar, dengan memiliki ilmu dan beramal. Kedua adalah pendek angan-angan agar tidak goyah akan kebutuhan, ketiga ialah dengan memahami bahwa dalam qanaah terdapat kemuliaan dan kebebasan dari meminta minta dan perasaan hinanya karena rakus. Di samping itu agar kita tidak kikir hendaknya mengetahui keburukan kikir. Dalam al quran allah telah member peringatan terhadap orang yang kikir yaitu pada qs ali imran ayat 180

Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karuniaNya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (ali imran 180)

Untuk menghilangkan sifat kikir kita harus mengetahui sebab sebab sifat kikir itu sendiri, menurut imam ghozali ada beberapa sebbab yang menimbulkan sifat kikir yaitu:

Pertama: sebab sifat kikir itu muncul karena kesukaan bersenang-senang dan ini tidak bisa tercapai kecuali dengan harta di sertai panjang angan-angan.

Kedua: menegetahui penyebab sifat kikir itu adalah menyintai harta, padahal ia tahu bahwa harta ia tidak perlukan apabila ia sudah tua, tidak punya anak dan mati

Selanjunya oleh imam ghozali di katakana bahwa mengatasi kikir itu bisa dengan cara mengurangi syahwat ( keinginan keinginan) yang berlebihan, banyak mengingat mati, menziarahi kubur, dan bershodaqah.

Dan semoga kita selalu dalam kesabaran sehingga kita terlepas dari godaan setan yang hanya membuat sesat, semoga apa yang bisa saya tulis bisa memberi manfaat, amiin,

Abu Hajar Al  Qalani: Sehat Dan Bertambah Kaya Lewat Sedekah, Pustaka Media, Surabaya 2008

0 comments