Paksa Klik Iklan Pada Blogger UNTUK MENUTUP IKLAN

pribadi muslim

03/09/10


Pribadi  muslim
            Seorang mukmin adalah pribadi yang mempunyaisifat-sifat unggul. Sifat itulah yang membedakan keistimewaan dengan manusia lain, sehingga dimanapuun dia berada dia bisa bermanfaat bagi dirinya dan oarang lain seperti hadits nabi sebagai berikut “ manusia paling baik adalah yang paling banyak memberikan manfaat bagi manusia lain”.
Dalam  hal pribadi ini kita bisa mencontoh dari pada hewan lebah yaitu:
1.    Hinggap di tempat bersih dan hanya menyerap yang bersih juga
Lebah hanya hinggap di tempat tempat pilihan, berbeda sekali dengan lalat, serangga semacam lalat amat mudah kita temui di tempat temat yang kotor dan tempat tempat yang berbau busuk. Tapi lebah berbeda, lebah hanya akan hinggap di tempat bersih seperti bunga dan buah buahan. Begitulah seharusnya sifat orang mukmin. Allah berfirman hai manusia makanlah yang halal lagi baik  dari apa yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikkuti lalngkah langkah syaitan karena sesungguhnya setan adalah musuh nyata  bagimu. (albawarah 168)
2.    Mengeluarkan yang bersih
Siapa yang tak kenal madu, ya, madu adalah produk yang dihasilkan oleh lebah, dan telah terbukti bahwa madu adalah bahan alami yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Dan seharusnya sebagai pribadi muslim kita bisa mencontoh seperti lebah.
3.    Tidak pernah merusak
Perlu kita ketahui bahwa lebah dalam mencari makan tidak pernah merusak tempat yang di hinggapinya. Begitulah seharusnya pribadi muslim yang baik. Bahkan pribadi muslim yang baik adalah yang selalu melakukan perbaikan akidah ahlak dan ibadah dengan cara berdakwah.
4.    Bekerja keras
Lebah adalah pekerja keras. Ketika muncul pertama kali dari biliknya ( saat menetas) lebah pekerja membersihkan bilik sarangnya untuk telur baru dan setelah berumur tiga hari ia memberi makan larva, denagn membawakan serbuk sari madu. Dan begitulah hari harinya penuh dengan semangat berkarya dan beramal. Bukankah Allah pun memerintahkan umat mukmin untuk bekerja keras?
“ maka pabila kamu telah selesai ( dari suatu urusan) kerjakanlah dengan sungguh sungguh urusan yang lain) ( alam nasyrah:7)
5.    Bekerja secara jama dan tunduk pada satu pimpinan
Lebah selalu hidup dalam koloni besar, tidak pernah menyendiri.  Mereka pun bekerja secara kolektif dan masing masing mempunyai  tugas sendiri sendiri ketika mereka mendapatkan sumber sari madu,merke akan memanggil temannya untuk  menghisap sari madu.
6.    Tidak pernah melukai kecuali jika di ganggu
Lebah tidak pernah memulai menyerang, ia akan menyerang manakala merasa di ganggu atau terancam, dan untuk mempertahankan “kehormatan” umat lebah itu, mereka rela mati dengan melepas sengatnya ti tubuh musuh. Sikap seorang mukmin ; musuh tidak di cari tapi jika ada tidak lari

Itulah beberapa karakter lebah yang sepatutnya dapat di tiru oleh orang orang beriman by greenzone. Diambil dari majalah perkawinan dan keluarga edisi 452

0 comments